Susu Yang Halal Penting Untuk Pertumbuhan Anak

5 Jul 2012

Setiap orang tua pastilah menginginkan anaknya tumbuh sehat, baik sehat secara fisik, mental maupun intelektual. Namun perlu diperhatikan bahwa untuk mencapai pertumbuhan yang optimal, asupan gizi yang baik haruslah benar-benar menjadi prioritas terutama pada 5 tahun pertama dalam kehidupan anak. Karena pada masa itu adalah periode pertumbuhan yang penting dan akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya.(1)

Adapun asupan gizi yang baik haruslah makanan yang benar-benar sehat dan bervariasi, dan salahsatu asupan gizi yang baik itu adalah susu. Mengapa susu begitu penting untuk pertumbuhan anak? Karena terlepas dari kenyataan bahwa susu adalah salahsatu nutrisi yang menyediakan gizi yang sangat lengkap. Karena itu tidak hanya anak-anak yang masih dalam usia tumbuh kembang saja, orang dewasa pun dianjurkan juga untuk minum susu.

Susu dan produk olahan susu adalah penyedia kalsium, fosfor, magnesium, dan protein, yang masing-masing esensial untuk pertumbuhan serta perkembangan tulang dan gigi yang sehat.(2) Selain itu ada vitamin B12 dan Folat, berguna untuk memproduksi sel-sel yang sehat. Juga vitamin A dan Seng yang masing-masing berguna untuk penglihatan yang baik dan kekebalan tubuh. Ada Riboflavin, untuk kulit yang sehat, ada vitamin C untuk untuk pembentukan jaringan ikat dan juga ada Yodium yg berfungsi untuk pengaturan tingkat metabolisme tubuh.(3)

Akan tetapi dalam kenyataan saat ini ada juga anak-anak yang tidak suka minum susu. Salahsatu penyebabnya adalah karena orang tua yang tidak membiasakan anaknya minum susu sejak dini. Atau penyebab lain karena memiliki masalah intoleransi terhadap laktosa. ( biasanya menyebabkan perut kembung dan diare ). Tetapi masalah ini biasanya diidentifikasikan sebagai masalah pada usia lima tahun pertama.(4)

Sebagai orang tua janganlah langsung menyerah dengan keadaan ini. Alasannya: Karena Kalsium dalam susu begitu penting bagi kesehatan tulang, dan produk susu juga mengandung nutrisi lain yang penting untuk tumbuh kembang anak. Selain itu saat ini di pasaran sudah banyak juga susu olahan yang tidak mengandung laktosa. Ada juga inovasi lain dari susu seperti : yoghurt, pudding susu, es krim, keju dan lain-lain yang bisa diberikan pada anak yang tidak suka minum susu.

Dengan segala kebaikan susu, ternyata baik saja tidak cukup. Sebagai seorang muslim hendaklah kita mengikuti aturan-aturan agama. Allah memerintahkan kita untuk memakan makanan yang bukan cuma baik, tapi juga haruslah makanan itu halal (Halalan Thoyyiban) agar tidak membahayakan tubuh kita. Bahkan perintah ini disejajarkan dengan beriman dan bertaqwa kepada Allah, sebagai sebuah perintah yang sangat tegas, seperti yang terdapat pada ayat-ayat berikut ini :

Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang telah Allah rizkikan kepadamu, dan bertaqwalah kepada Allah yang kamu beriman kepadaNya (Al-Maidah 89)

Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syetan; karena sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang nyata bagimu (Al-baqarah 168)

Oleh karena itu yang harus kita cermati adalah : Sudahkah susu yang kita berikan kepada anak-anak kita itu HALAL? Karena saat ini banyak beredar susu yang sudah dalam bentuk formula yang artinya sudah mengalami percampuran dengat bahan-bahan lain yang kita tidak tahu statusnya, halal atau tidak.

Wakil Direktur LPPOM MUI Bidang Auditing, Ir. Muti Arintawati, M.Si mengungkapkan, dalam susu olahan ada beberapa hal yang mesti dicermati titik kritis keharamannya. Salah satunya adalah bahan yang diperoleh dari proses pembuatan keju dimana melibatkan penggunaan enzim rennet. Enzim ini didapat dari lambung anak sapi. Jika rennet yang digunakan berasal dari sapi yang tidak disembelih secara syariah Islam, maka produk susu yang dihasilkan dapat tercampur bahan yang haram sehingga statusnya juga menjadi haram.(5)

Nah, jadi memperhatikan halal itu sangatlah penting. Sebab agama menyatakan halal atau tidaknya suatu makanan terkait dengan baik atau tidaknya untuk tubuh dan peri laku kita. Apalagi jika barang yang haram itu di berikan pada anak-anak kita, akan seperti apa perilakunya kelak?
Oleh karena itu juga cara mudah memilih susu bersetifikat halal adalah dengan melihat adakah label halal pada kemasannya? Dan perhatikan pula adakah tertera kode produksi dari BPOM ( Badan Pengawasan Obat dan Makanan ).

Demikianlah sedikit saran dari saya semoga posting pada blog saya ini bermanfaat buat pembaca, Terima kasih.

*******

Referensi :

1. ibudanbalita.com

2. ibudanbalita.com/pojokcerdas

3. milk.co.uk

4. health.usnews.com

5. halalmui.org


TAGS susu inovasi yang sehat dan halal untuk pertumbuhan anak


-

Author

Follow Me